CONTOH LAPORAN PRAKERIN ATAU PKL

hai..... ini contoh laporan prakerin(praktek kerja industri) atau PKL (praktek kerja lapangan)


LAPORAN PRAKERIN ( Praktik Kerja Instansi)

Pusat Pelatihan Masyarakat Dan Pengembangan Generasi Lingkungan
( PUSLATMAS& PGL )
TAHUN PELAJARAN 2015/2016


           [Lambang/logo sekolah]           

Disusun Oleh :
                 Selvy
XI ADM.PERKANTORAN 1


KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
(SMK) WASKITO
Jl. Raya Pamulang Permai II No. 75 Serua – Ciputat
Tangerang Selatan – Banten
Telepon (021) 746334107



KATA PENGANTAR
            Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Rahmat serta Hidayah-Nya sehingga dapat terselesaikannya Laporan Hasil Kerja Siswa pada Pusat Pelatihan Masyarakat Dan Pengembangan Generasi Lingkungan Tahun Pelajaran 2015/2016 ini.
            Tidak lupa kami samapaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak atas bantuan dan bimbingannya dalam menyelesaikan kegiatan pendidikan Sistem Ganda, terutama kepada yang terhormat :
1.      Tuhan Yang Maha Esa,
2.      Bapak Ir. Rm. Djarot Istiarso Selaku Pemilik Yayasan Pendidikan Waskito,
3.      Bapak Hartono, S.Si, M.Pd Selaku Kepala Sekolah SMK Waskito,
4.      Ibu Santhi,SE Selaku Kepala Program  Jurusan Administrasi Perkantoran,
5.      Ibu Fitri widiastuti, S.Pd Selaku Wali kelas XI Adm. Perkantoran 1,
6.      Ibu Yanyoko Nofikasari, S.Pd Selaku Pembimbing Prakerin dan wali kelas XI Adm. Perkantoran 2,
7.      Seluruh Guru SMK WASKITO,
8.      Kedua Orang tua yang senantiasa memberi dukungan serta Do’a dalam kegiatan ini,
9.      Ibu Cicilia Sulastri.,SH.,M.Si Selaku Kepala PUSLATMAS & PGL,
10.  Para Instruktur dan seluruh karyawan/karyawati PUSLATMAS & PGL yang telah membantu sehingga kami dapat menyelesaikan  penyusunan laporan prakerin ini dan memberi pengetahuan kepada kami serta membimbing dan mengajarkan kami selama kegiatan PRKERIN berlangsung.
Pada akhirnya kami meyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu dengan segala kerendahan hati kami mohon agar para pembaca serta para guru sekalian dapat memberikan saran dan kritik supaya menjadi masukan dalam meyusun laporan ini,  sehingga kami dapat membangun/memperbaiki laporan ini dikemudian hari. Saya ucapkan terimakasih akhir kata, semoga laporan ini dapat bermanfaat khususnya bagi kami dan semua yang membaca.

Tangerang Selatan, Februari 2016







LEMBAR PENGESAHAN
            Penulisan laporan ini dibuat untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti Ujian Nasional (UN), Ujian Sekolah (UAS), dan penilaian Praktik Kerja Instansi (Prakerin) disekolah, sekaligus salah satu persyaratan bahwa kami telah mengikuti PRAKERIN, Kelas XI Administrasi Perkantoran  SMK WASKITO Tahun ajaran 2015/2016.

MENYETUJUI
Kepala Jurusan                                                        Pembimbing Prakerin



(Santhi,SE)                                                                  ( Yanyoko Nofikasari, S.Pd)



Kepala SMK WASKITO                                              Kepala PUSLATMAS & PGL



(Hartono,S.Si, M.Pd)                                                 (Cicilia Sulastri, SH, M.Si)






DAFTAR ISI
Kata pengantar ................................................................................... ...   i
Lembar Pengesahan ...............................................................................   ii
Daftar isi ..................................................................................................   iii

BAB I PENDAHULUAN
1.1        Latar belakang ....................................................................... ...   1
1.2        Pengertian Prakerin ..................................................................   2
1.3        Waktu dan tempat .....................................................................   3
1.4        Tujuan Prakerin ........................................................................   4
1.5        Tujuan Penulisan laporan ..........................................................   5
1.6        Metode pengumpulan Data laporan ..........................................   8
1.7        Sistematika penulisan laporan ..................................................   9

BAB II PEMBAHASAN TINJAUAN UMUM
2.1        Sejarah PUSLATMAS & PGL ..................................................   10
2.2        Tujuan PUSLATMAS & PGL ..................................................   12
2.3        Visi dan Misi .............................................................................   12
2.4        Sasaran Strategis PUSLATMAS & PGL....................................   13
        






BAB III PEMBAHASAN TINJAUAN KHUSUS
3.1        Kegiatan Prakerin.......................................................................   14
3.2        Persiapan kerja...........................................................................   14
3.3        Proses Kerja...............................................................................   15
3.4        Tata tertib...................................................................................   17


BAB IV PENUTUP
4.1        Kesimpulan ...............................................................................   18
4.2        Saran .........................................................................................   19     

LAMPIRAN ..........................................................................................   20
















BAB I
PENDAHULUAN
1.1            Latar Belakang
Kegiatan paktek kerja merupakan kurikulum pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mendukung kegiatan belajar mengajar siswa/I melalui kegiatan praktik kerja secara langsung di dunia kerja sesuai dengan program studi tertentu untuk mencapai keahlian kerja sebagai bekal untuk bekerja secara professional.Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka diterapkanlah suatu sistem pendidikan yang dikenal dengan “Praktik Kerja Instansi (PRAKERIN)”.  Atau di sebut juga “Pendidikan Sistem Ganda  (PSG)”. Sistem ini merupakan suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian professional yang memadukan secara sistematis program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian melalui kegiatan bekerja secar langsung dan terarah untuk mencapai tingkat keahlian professional tertentu. Keahlian professional hanya dapat dikuasai melalui cara mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi yang ada dalam dunia kerja. Sehubung dengan itu, maka siswa/I SMK pada jenjang tertentu di wajibkan mengikuti kegiatan praktik kerja secara langsung.






1.2            Pengertian Prakerin
PRAKERIN adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di suatu instansi atau di dunia usaha yang relevan dengan kompetensi (kemampuan) siswa/I sesuai bidangnya. Dalam pelaksanaan nya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik di dunia usaha maupun di dunia instansi setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar atau sudah mendapatkan bekal dari pembibing disekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan  dalam suatu instansi,dunia usaha, maupun dunia instansi. Dan prakerin juga adalah salah satu praktik kerja lapangan yang diwajibkan kepada seluruh siswa/I SMK khususnya SMK WASKITO, PRAKERIN wajib dilaksanakan karena merupakan salah satu syarat kelulusan UN (Ujian Nasional). Diadakannya PRAKERIN yaitu untuk memperkenalkan kepada para siswa-siswi SMK WASKITO agar dapat memperoleh ilmu dan wawasan seputar dunia kerja sehingga apabila siswa-siswi SMK WASKITO memasuki dunia kerja mereka dapat bekerja lebih efektif dan efisien, dan dalam proses kegiatan PRAKERIN siswa-siswi SMK WASKITO wajib mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh lembaga, dunia instansi,maupun dunia usaha.






1.3            Waktu dan Tempat
Kami melaksanakan Praktik Kerja Instansi (PRAKERIN) pada tangga 21 Desember 2015 dan sampai tanggal 21 Februari 2016 bertempat di PUSAT PELATIHAN MASYARAKAT DAN PENGEMBANGAN GENERASI LINGKUNGAN di Jl. Raya Puspitek Gd. 210 Lantai 2 Kota Tangerang Selatan 15311. Kegiatan instansi/tempat prakerin senin-kamis dimulai pada pukul 07.30 WIB sampai dengan 16.00 WIB pada hari Jum’at pukul 07.30 WIB sampai dengan 16.30 WIB, dan kami beristirahat pada pukul 12.00, banyak sekali ilmu dan tata cara yang diajarkan oleh instuktur-instruktus maupun karyawan dan karyawati di tempat Prakerin sehingga kami dapat mengerti contoh nya seperti : menggunakan peralatan yang tersedia di dalam ruangan seperti menggunakan mesin fotocopy, faximili, dan masih banyak lagi.









1.4            Tujuan Prakerin
Tujuan praktik kerja instansi yang telah dilaksanakan untuk setiap siwa-siswi merupakan program keahlian yang tentu nya mempunyai tujuan yang telah direncanakan dan diharapkan dapat dicapai oleh para siswa-siswi SMK WASKITO,  Praktik kerja instansi diselenggarakan sekolah menengah kejuruan dengan tujuan sebagai berikut :
1.      Meyiapkan siswa-siswi SMK WASKITO agar menjadi tenaga kerja yang handal apabila sudah memasuki dunia kerja.
2.      Meningkatkan efiktifitas dan efisiensi dalam melaksanakan proses pendidikan serta pelatihan yang dapat menjadikan siswa-siswi menjadi professional didalam bidang kerja.
3.      Memberikan wawasan serta pengalaman kepada siswa-siswi terhadap situasi kerja yang akan dihadapi, serta memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja yang telah didapatkan.
4.      Meningkatkan siswa-siswi yang mempunyai kreatifitas yang terampil dalam memasuki dunia usaha atau dunia industry serta dapat memunculkan inovasi baru dibidang usaha.
5.      Menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang menjadi bakat dasar pengembangan diri secara berkelanjutan.




1.5              Tujuan Penulisan Laporan
            Tujuan dari pembuatan laporan ini adalah agar para siswa dapat melatih jiwa mandiri, berani, tanggung jawab serta disiplin.Selain itu juga dapat mengkaji ilmu terapan di lapangan dengan sekolah.Adapun isi laporan yang harus disusun para siswa adalah hasil kegiatan selama PRAKERIN. Tujuan dari pembuatan laporan tersebut antara lain adalah 
  • Sebagai bukti telah melaksanakan Prakerin.
  • Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian karya tulis. 
  • Untuk memenuhi salah satu syarat dalam menempuh ujian akhir prakerin tahun pelajaran 2015/2016
  • Untuk memenuhi tugas yang diberikan pembimbing produktif
  • Untuk melatih kemampuan siswa dalam menulis laporan secara ilmiah.
  • Sebagai laporan dari hasil Praktek Kerja Instansi ( Prakerin ) yang telah dilaksanakan secara tertulis.
  • Memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang diperoleh disekolah dengan penerapan didunia kerja
  • Sebagai bukti tertulis bahwa siswa telah melaksanakan pakerin.
  • Sebagai pedoman untuk pembuatan karya tulis selanjutnya.
  • Agar siswa mampu memahami, menetapkan dan mengembangkan pelajaran yang di hapus dari sekolah dan menerapkan nya di dunia usaha kerja.



  • Agar para siswa mampu mempelajari, memahami, memantapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah diperolehnya dari sekolah dandapat menerapkannya langsung di lapangan kerja.
  • Agar siswa mampu mengembangkan dasar-dasar teori yang didapatkan dari sekolah yang berhubungan dengan hasil prakerin.
  • Agar siswa dapat menuangkan pikiran ke dalam tulisan yang dapat diuji keilmiahannya.
  • Agar siswa mampu mencari alternatif pencerahan masalah kejuruan sesuai dengan program studi yang dipilih dari pelaporan.
  • Memberikan alternatif pemecahan masalah kejuruan dengan lebih luas dan mendalam
  • Untuk menyimpulkan peningkatan wawasan dan pengetahuan siswa angkatan berikutnya
  • Untuk menerapkan gambaran yang seharusnya dalam melaksanakan praktek kerja industri sampai dimana pengetahuan atau kemampuan dalam mengikuti praktek kerja
  • Untuk menyimpulkan data, guna kepentingan pribadi siswa
  • Untuk memantapakan siswa dalam pengembangan atau penerapan pelajaran sekolah dari hasil prakerin.




  • Untuk  melatih dan mengingatkan keterampilan siswa dalam membuat karya tulis.
  • Mengumpulkan data, guna kepentingan sekolah dan khususnya penulis sendiri dan juga untuk menunjang peningkatan pengetahuan siswa tingkat selanjutnya.




















1.6.           Metode Pengumpulan Data Laporan
Untuk menyempurnakan data-data yang dibutuhkan dalam menyusunan laporan ini, maka kami melakukan metode pengumpulan data melalui beberapa cara yaitu :
a.    Secara Langsung atau Metode Observasi
Yang dimaksud dengan pengumpulkan data secara langsung adalah saya mengumpulkan data dengan crara observasi secara langung di instansi dengan menggunakan teknik wawancara kepada staf atau karyawan yang berwenang atau mengenai informasi yang saya butuhkan.
b.    Secara Tidak Langsung atau Metode Kepustakaan
Yang dimaksud dengan metode pengumpulan data tidak langsung adalah saya selaku penulis berpedoman pada buku-buku atau referensi yang berkaitan dan berhubungan dengan materi yang diangkat atau isi laporan saya
c.    secara terperinci atau gabungan observasi dan kepustakaan
Yang  di maksud dengan metoda pengumpulan data dengan cara terperinci adalah  saya sebagai penulis melakukan kedua cara di atas untuk menemukan hipotesis dasn akhirnya saya tuangkan dalam bentuk tulisan di dalam laporan ini, meskipun hanya garis besarnya saja.






1.7     Sistematika penulisan laporan
Kata pengantar
Lembar Pengesahan
Daftar isi
BAB I PENDAHULUAN
1.1    Latar belakang
1.2    Pengertian Prakerin
1.3    Waktu dan tempat
1.4    Tujuan Prakerin
1.5    Tujuan Penulisan laporan
1.6    Metode pengumpulan Data laporan
1.7    Sistematika penulisan laporan
BAB II PEMBAHASAN TINJAUAN UMUM
2.1    Sejarah PUSLATMAS & PGL
2.2    Tujuan PUSLATMAS & PGL
2.3    Visi dan Misi
2.4    Sasaran Strategis PUSLATMAS & PGL
BAB III PEMBAHASAN TINJAUAN KHUSUS
3.1    Kegiatan Prakerin
3.2    Persiapan kerja
3.3    Proses Kerja
3.4    Tata tertib
BAB IV PENUTUP
4.1    Kesimpulan
4.2    Saran
           LAMPIRAN




BAB II
PEMBAHASAN TINJAUAN UMUM
2.1.  Sejarah PUSLATMAS & PGL
Unit Kerja Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan (Puslatmas & PGL) sebelum adanya penggabungan Kementerian Kehutanan digabungkan dengan Kementerian Lingkungan Hidup adalah Unit Kerja Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Lingkungan Hidup. Sejarah Pusdiklat KLH pada tahun 1993 merupakan salah satu bidang pelatihan dibawah unit eselon II ( Pusarpedal). Dengan tugas mendidik dan melatih  peserta yang berasal dari tenaga teknis  Laboratorium dari instansi Balai Teknik Kesehatan Lingkungan  , Balai Pengembangan Pengujian Industri  dan Lab. Pengujian Kualitas Air Pekerjaan Umum.  Pusdiklat dalam perjalannanya sudah beberapa kali mengalami perubahan antara lain :
  1. Pada tahun 2000 ditetapkan menjadi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Negara Lingkungan Hidup yang dipimpin oleh Kapusdiklat  dan berkedudukan di Kawasan Puspiptek Serpong, Tangerang, berada dibawah Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia.
  2. Pada tahun 2002 karena ada perubahan struktur Kementerian lingkungan Hidup, Pusdiklat berganti nama menjadi Asisten Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia dibawah Deputi Pembinaan Sarana Teknis dan Peningkatan Kapasitas
  3. Pada tahun 2005 dengan adanya struktur baru Kementerian Negara Lingkungan Hidup maka Asdep Pengembangan SDM berganti nama menjadi Pusdiklat sampai dengan sekarang ( tahun 2012 )

Adapun yang pernah menjabat sebagai Kepala Pusdiklat adalah :
No
Nama
Tahun Menjabat
1
Dra. Wiwiek Wikoyah
2000 s/d 2002
2
Dra. Rismawarni Marshal
2002 s/d 2005
3
Drs. M. Zoel Fachry
2005 s/d 2008
4
Inar Ichsana Ishak, SH, LLM
2008 s/d 2011
5
Drs. Hendra Setiawan
2011 s/d  2013
6
Drs. Heru Waluyo
2013 s/d 2014
7
Cicilia Sulastri, SH, M.Si
2014


Pada masa Pemerintahan Presiden Jokowi ( Tahun 2014) Kementerian Kehutanan digabungkan dengan Kementerian Lingkungan Hidup menjadi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Berikut nama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebelum di gabung:
1.      Lingkungan hidup
-          Kementerian Negara Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup (Kemeneg PPLH, 1978-1983)
-          Kementerian Negara Kependudukan dan Lingkungan Hidup(Kemeneg KLH, 1983-1993)
-          Kementerian Negara Lingkungan Hidup (Kemeneg LH, 1993-2005)
-          Kementerian Lingkungan Hidup (Kemen LH, 2005-2014)
2.      Kehutanan
-          Direktorat Jenderal Kehutanan, Departemen Pertanian (sampai dengan tahun 1983)
-          Departemen Kehutanan (1983-1998)
-          Departemen Kehutanan dan Perkebunan (1998)
-          Departemen Kehutanan (1998-2005)
-          Kementerian Kehutanan (2005-2014)
PUSLATMAS & PGL sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan  Kehutanan NOMOR P.18/MENLHK-II/2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan, merupakan salah satu Unit Kerja Eselon II di BP2SDM pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. PUSLATMAS & PGL mempunyai tugas melaksanakan tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, bimbingan teknis dan evaluasi pemberian bimbingan teknis pelatihan masyarakat dan pengembangan generasi lingkungan.




2.2.         Tujuan Puslatmas dan PGL
              Melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang menunjang upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia pada jajaran Kementerian Lingkungan Hidup, jajaran Pemerintah Daerah, serta pada kalangan para pemangku kepentingan lainnya,dalam rangka peningkatan kinerja perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sebagaimana diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan.

2.4  Visi dan Misi PUSLATMAS & PGL

Visi :
“ Terwujudnya Kementerian Lingkungan Hidup yang adal dan proaktif, serta berperan dalam pelaksanaan pembangunan berkelanjutan, dengan menekankan pada ekonomi hijau”

Misi :
Melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Bidang Lingkungan Hidup dalam rangka mengembangkan kapasitas sumber daya manusia pada jajaran Kementerian Lingkungan Hidup, dan jajaran Pemerinta Daerah, serta kalangan para pemangku kepentingan lainnya, dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sebagaimana diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan.






2.4   Sasaran Strategis PUSLATMAS & PGL

1)        Terbentuknya paket-paket diklat yang menunjang upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia pada jajaran kementerian Lingkungan Hidup. Jajaran Pemerintah Daerah, serta pada kalangan para pemangku kepentingan lainnya dalam rangka peningkatan kinerja perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sebagaimana oleh peraturan perundangan-undangan;
2)         Terselenggarakannya paket-paket diklat yang telah dibakukan oleh Pusdiklat KLH, baik melalui swa-selenggara maupun melalui mekanisme lainnya yang kendali mutunya oleh Pusdiklat KLH;
3)        Terwujudnya sistem pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi, serta tata kediklatan yang baik dan sistem kendali mutunya pada Pusdiklat KLH.






















BAB III
PEMBAHASAN TINJAUAN KHUSUS
3.1 Kegiatan Prakerin

Prakerin SMK WASKITO PAMULANG dilaksanakan pada tanggal 21  Desember 2015 - 20 Februari 2016. Prakerin ini bertujuan memperkenalkan dunia kerja kepada siswa/siwi didik SMK, yang nantinya akan terjun kedalam bidang perusahaan sesuai dnegan keahlian yang dikuasai oleh siswa/siswi Smk.
3.2   Persiapan Kerja
Puslatmas &PGL  mempunyai Jam kerja yang efektif dan sama seperti perusahaan lain pada umumnya. Jam Kerja karyawan di Puslatmas & PGL  ini berlaku dari hari Senin sampai dengan Jumat dan dimulai pada hari senin - kamis mulai pukul 07.30 - 16.00, pada hari Jumat Mulai Pukul 07.30 - 16.30 Untuk lebih jelasnya mengenai perincian dalam jam kerja dapat dilihat rincian dari tabel berikut ini :
Rincian Waktu Kerja Jam Pegawai
PUSLATMAS & PGL
HARI
JAM
KETERANGAN
Senin – Kamis
07.30 – 12.00
Jam Kerja
12.00 – 13.00
Jam Istirahat
13.00 – 16.00
Jam Kerja
Jumat
07.30 - 11.30
Jam Kerja
11.30 - 12.30
Jam Istirahat
12.30 - 16.30
Jam Kerja









3.3   Proses Kerja

Setiap hari kami datang sesuai dengan jam kerja, kami datang 15 menit sebelum jam kerja. Setelah itu kami keruangan kami masing-masing ada yang di ruang Kepala Puslatmas & PGL, Ruang Penyelenggaraan Program dan Administrasi Umum, Ruang Kejasama Dikat, Ruang Widyaiswara..
Disana kami diberikan tugas seperti mengarsip surat, menerima surat masuk, mengirim fax,menerima fax,  mengisi buku agenda surat keluar, surat masuk, nota dinas keluar, nota dinas masuk, fotocopy, input data, mengisi lembar disposisi, membuat kwitansi,merekap realisasi, membuat format buku persediaan barang, menghancurkan kertas, input data kas umum, Menangani kegiatan Surat menyurat, yaitu :
1. Mengagendakan Surat Masuk dan Surat Keluar, Surat masuk maupun surat keluar perlu diagenda supaya ada bukti penerimaan surat maupun pengiriman surat.
2.      Menulis Lembar Disposisi
Setelah surat masuk diagenda, kemudian dilengkapi dengan lembar disposisi untuk diserahkan kepada kepala Puslatmas & PGL,
3.      Mengekspidisi Surat
Sebelum surat masuk beserta lembar disposisi dikirimkan ke unit masing masing bagian yang dituju, surat tersebut perlu diekspidisi (dicatat nomer surat, tanggal surat, asal surat, tanggal terima, Perihal, ditujukan ke siapa, isi disposisi, tanggal disposisi, tanggal paraf terima disposisi).




4.          Mengantar surat ke bagian yang dituju sekaligus meminta paraf sebagai tanda  terima di buku agenda.
5.           Mengodner surat.
Dari semua pekerjaan itu kami harus emegang teguh rahasia perusahan.Dalam penanganan masalah yang penulis hadapi tidak lain yaitu meminta petunjuk kepada pembimbing, bagaimana supaya masalah yang ada dapat diselesaikan dengan benar. Selain itu penulis juga harus mempunyai kepercayaan diri atas solusi yang telah penulis dapatkan dari pembimbing dan instruktur.































3.4 Tata Tertib

Tata tertib peserta program praktik kerja industri ( prakerin ) yaitu :
Kewajiban
1.  Memtuhi peraturan dan tata tertib yang berlaku di perusahaan
2. Memegang teguh rahasia sekolah dan perusahan
3. Hadir ditempat sistem ganda sekurang-kurannya 15 menit sebelum jam kerja dimulai
4. Bersikap sopan, santun, serta jujur, bertanggung jawab, disiplin, terampil, berinisiatif, dan kreatif, dalam melaksanakan program
5. Berpakaian seragm sekolah lengkap (kecuali perusahaan mencantumkan lain), selau bersih, rapi dan berkepribadian nasional,serta tidka bermake-up atau memeakai perhiasan yang berlebihan (tidak wajar)
6. Memberitahukan pada waktu datang dan mohon diri pada saat akan pulang setelah selesai melaksanakan tugas.
7. Memberitahukan pemimpin atau instruktur, jika tidak melaksanakan tugas atau bermaksud meninggalkan tempat tugas.
8. Segera musyawarahkan dengan guru pembimbing, ketua kelompok atau instruktur perusahan jika menemui kesulitan.
9. Mentaati peraturan/tata tertib dalam menggunakan peralatan dan bahan yang ada diperusahaan atau tempat praktek.
10.     Membersihkan dan mengatur kembali peralatan setelah digunakan secara rapi, bersih dan tertib.



BAB IV
PENUTUP
4.1  Kesimpulan
Kegiatan Praktek Kerja Industri merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siswa dan siswi, dan dapat mengenal lebih jauh bagaimana cara bekerja dilapangan sesuai keahlian masing-masing siswa. Sehingga siswa dapat melihat gambaran mengenai kagiatan bidang usaha dimasa yang akan datang, serta siswa-siswi mengetahui standar kompetensi yang akan dijadikan peluang kerja dan kesempatan kerja. Dalam dunia usaha dibutuhkan kedisiplinan yang cukup baik, instansi-instansi biasanya memerlukan karyawan yang disiplin, terampil, rajin dan cerdas.
Pada praktek kerja Industri ini diperlukan keahlian yang cukup. Selama penulis melaksanakan Prakerin (Praktek Kerja Industri) di PUSLATMAS &PGL , penulis merasa bangga bisa mendapatkan Ilmu yang belum pernah penulis dapatkan sebelumnya serta memperoleh banyak pengalaman.
Tujuan lain Prakerin (Praktek Kerja Industri) adalah menambah wawasan yang luas bagi siswa dan siswi, terutama dalam bidang yang di tempatinya. Praktek Kerja Industri telah terlaksana dengan baik, dengan program keahlian masing-masing tanpa halangan apapun dan penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada PUSLATMAS &PGL  yang telah bersedia menerima penulis apa adanya untuk melaksanakan Prakerin (Praktek Kerja Industri) dan bersedia mendampingi penulis selama Prakerin berlangsung.


4.2  Saran
Semoga hubungan antar pegawai tetap terjaga dan saling bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama, semoga para siwa dan siswi mendapatkan banyak pelajaran dan memiliki motivasi untuk tujuan dimasa depannya dan para guru pembimbing dapat memberikan arahan juga perhatian untuk para siswa dan siswi prakerin.















hanya sebagai contoh aja ya guys :)





Komentar

  1. Bloknya bagus lanjutin ya blocknya jgn sampai brhenti memberikan informasi" ke kita-kita

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer