CONTOH LAPORAN PRAKERIN ATAU PKL
hai..... ini contoh laporan prakerin(praktek kerja industri) atau PKL (praktek kerja lapangan)
[Lambang/logo sekolah]
LAPORAN
PRAKERIN ( Praktik Kerja Instansi)
Pusat
Pelatihan Masyarakat Dan Pengembangan Generasi Lingkungan
(
PUSLATMAS& PGL )
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Disusun
Oleh :
Selvy
XI ADM.PERKANTORAN 1
KOMPETENSI
KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
(SMK) WASKITO
Jl. Raya Pamulang Permai II No. 75 Serua – Ciputat
Tangerang Selatan – Banten
Telepon (021) 746334107
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Rahmat serta
Hidayah-Nya sehingga dapat terselesaikannya Laporan Hasil Kerja Siswa pada
Pusat Pelatihan Masyarakat Dan Pengembangan Generasi Lingkungan Tahun Pelajaran
2015/2016 ini.
Tidak lupa kami samapaikan ucapan
terimakasih kepada semua pihak atas bantuan dan bimbingannya dalam
menyelesaikan kegiatan pendidikan Sistem Ganda, terutama kepada yang terhormat
:
1.
Tuhan Yang Maha Esa,
2.
Bapak Ir. Rm. Djarot Istiarso Selaku
Pemilik Yayasan Pendidikan Waskito,
3.
Bapak Hartono, S.Si, M.Pd Selaku Kepala
Sekolah SMK Waskito,
4.
Ibu Santhi,SE Selaku Kepala Program Jurusan Administrasi Perkantoran,
5.
Ibu Fitri widiastuti, S.Pd Selaku Wali
kelas XI Adm. Perkantoran 1,
6.
Ibu Yanyoko Nofikasari, S.Pd Selaku
Pembimbing Prakerin dan wali kelas XI Adm. Perkantoran 2,
7.
Seluruh Guru SMK WASKITO,
8.
Kedua Orang tua yang senantiasa memberi
dukungan serta Do’a dalam kegiatan ini,
9.
Ibu Cicilia Sulastri.,SH.,M.Si Selaku
Kepala PUSLATMAS & PGL,
10. Para
Instruktur dan seluruh karyawan/karyawati PUSLATMAS & PGL yang telah
membantu sehingga kami dapat menyelesaikan
penyusunan laporan prakerin ini dan memberi pengetahuan kepada kami
serta membimbing dan mengajarkan kami selama kegiatan PRKERIN berlangsung.
Pada
akhirnya kami meyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna.
Oleh karena itu dengan segala kerendahan hati kami mohon agar para pembaca
serta para guru sekalian dapat memberikan saran dan kritik supaya menjadi
masukan dalam meyusun laporan ini, sehingga
kami dapat membangun/memperbaiki laporan ini dikemudian hari. Saya ucapkan
terimakasih akhir kata, semoga laporan ini dapat bermanfaat khususnya bagi kami
dan semua yang membaca.
Tangerang
Selatan, Februari 2016
LEMBAR PENGESAHAN
Penulisan
laporan ini dibuat untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti Ujian Nasional
(UN), Ujian Sekolah (UAS), dan penilaian Praktik Kerja Instansi (Prakerin)
disekolah, sekaligus salah satu persyaratan bahwa kami telah mengikuti
PRAKERIN, Kelas XI Administrasi Perkantoran
SMK WASKITO Tahun ajaran 2015/2016.
MENYETUJUI
Kepala Jurusan Pembimbing
Prakerin
(Santhi,SE) ( Yanyoko Nofikasari, S.Pd)
Kepala SMK WASKITO Kepala
PUSLATMAS & PGL
(Hartono,S.Si,
M.Pd) (Cicilia Sulastri, SH, M.Si)
DAFTAR
ISI
Kata
pengantar ................................................................................... ... i
Lembar
Pengesahan ............................................................................... ii
Daftar
isi .................................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang ....................................................................... ... 1
1.2 Pengertian Prakerin .................................................................. 2
1.3 Waktu dan tempat ..................................................................... 3
1.4 Tujuan Prakerin ........................................................................ 4
1.5 Tujuan Penulisan laporan .......................................................... 5
1.6 Metode pengumpulan Data laporan .......................................... 8
1.7 Sistematika penulisan laporan .................................................. 9
BAB II PEMBAHASAN TINJAUAN UMUM
2.1 Sejarah PUSLATMAS & PGL .................................................. 10
2.2 Tujuan PUSLATMAS & PGL .................................................. 12
2.3 Visi dan Misi ............................................................................. 12
2.4 Sasaran Strategis PUSLATMAS & PGL.................................... 13
BAB III PEMBAHASAN TINJAUAN KHUSUS
3.1 Kegiatan Prakerin....................................................................... 14
3.2 Persiapan kerja........................................................................... 14
3.3 Proses Kerja............................................................................... 15
3.4 Tata tertib................................................................................... 17
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan ............................................................................... 18
4.2 Saran ......................................................................................... 19
LAMPIRAN .......................................................................................... 20
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Kegiatan
paktek kerja merupakan kurikulum pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
yang mendukung kegiatan belajar mengajar siswa/I melalui kegiatan praktik kerja
secara langsung di dunia kerja sesuai dengan program studi tertentu untuk
mencapai keahlian kerja sebagai bekal untuk bekerja secara professional.Untuk
mewujudkan tujuan tersebut, maka diterapkanlah suatu sistem pendidikan yang
dikenal dengan “Praktik Kerja Instansi (PRAKERIN)”. Atau di sebut juga “Pendidikan Sistem
Ganda (PSG)”. Sistem ini merupakan suatu
bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian professional yang memadukan secara
sistematis program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian
melalui kegiatan bekerja secar langsung dan terarah untuk mencapai tingkat
keahlian professional tertentu. Keahlian professional hanya dapat dikuasai
melalui cara mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi yang ada dalam
dunia kerja. Sehubung dengan itu, maka siswa/I SMK pada jenjang tertentu di
wajibkan mengikuti kegiatan praktik kerja secara langsung.
1.2
Pengertian
Prakerin
PRAKERIN adalah kegiatan
pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di suatu instansi atau
di dunia usaha yang relevan dengan kompetensi (kemampuan) siswa/I sesuai
bidangnya. Dalam pelaksanaan nya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa
yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik di dunia usaha maupun di
dunia instansi setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar atau sudah mendapatkan
bekal dari pembibing disekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan
diterapkan dalam suatu instansi,dunia
usaha, maupun dunia instansi. Dan prakerin juga adalah salah satu praktik kerja
lapangan yang diwajibkan kepada seluruh siswa/I SMK khususnya SMK WASKITO,
PRAKERIN wajib dilaksanakan karena merupakan salah satu syarat kelulusan UN
(Ujian Nasional). Diadakannya PRAKERIN yaitu untuk memperkenalkan kepada para siswa-siswi
SMK WASKITO agar dapat memperoleh ilmu dan wawasan seputar dunia kerja sehingga
apabila siswa-siswi SMK WASKITO memasuki dunia kerja mereka dapat bekerja lebih
efektif dan efisien, dan dalam proses kegiatan PRAKERIN siswa-siswi SMK WASKITO
wajib mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh lembaga, dunia instansi,maupun
dunia usaha.
1.3
Waktu
dan Tempat
Kami melaksanakan Praktik Kerja
Instansi (PRAKERIN) pada tangga 21 Desember 2015 dan sampai tanggal 21 Februari
2016 bertempat di PUSAT PELATIHAN MASYARAKAT DAN PENGEMBANGAN GENERASI
LINGKUNGAN di Jl. Raya Puspitek Gd. 210 Lantai 2 Kota Tangerang Selatan 15311.
Kegiatan instansi/tempat prakerin senin-kamis dimulai pada pukul 07.30 WIB
sampai dengan 16.00 WIB pada hari Jum’at pukul 07.30 WIB sampai dengan 16.30
WIB, dan kami beristirahat pada pukul 12.00, banyak sekali ilmu dan tata cara
yang diajarkan oleh instuktur-instruktus maupun karyawan dan karyawati di
tempat Prakerin sehingga kami dapat mengerti contoh nya seperti : menggunakan peralatan
yang tersedia di dalam ruangan seperti menggunakan mesin fotocopy, faximili,
dan masih banyak lagi.
1.4
Tujuan
Prakerin
Tujuan praktik kerja instansi yang
telah dilaksanakan untuk setiap siwa-siswi merupakan program keahlian yang
tentu nya mempunyai tujuan yang telah direncanakan dan diharapkan dapat dicapai
oleh para siswa-siswi SMK WASKITO,
Praktik kerja instansi diselenggarakan sekolah menengah kejuruan dengan
tujuan sebagai berikut :
1.
Meyiapkan siswa-siswi SMK WASKITO agar
menjadi tenaga kerja yang handal apabila sudah memasuki dunia kerja.
2.
Meningkatkan efiktifitas dan efisiensi
dalam melaksanakan proses pendidikan serta pelatihan yang dapat menjadikan
siswa-siswi menjadi professional didalam bidang kerja.
3.
Memberikan wawasan serta pengalaman
kepada siswa-siswi terhadap situasi kerja yang akan dihadapi, serta memberikan
pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja yang telah didapatkan.
4.
Meningkatkan siswa-siswi yang mempunyai
kreatifitas yang terampil dalam memasuki dunia usaha atau dunia industry serta
dapat memunculkan inovasi baru dibidang usaha.
5.
Menghasilkan tamatan yang memiliki
pengetahuan, keterampilan dan sikap yang menjadi bakat dasar pengembangan diri
secara berkelanjutan.
1.5
Tujuan
Penulisan Laporan
Tujuan dari pembuatan laporan ini
adalah agar para siswa dapat melatih jiwa mandiri, berani, tanggung jawab serta
disiplin.Selain itu juga dapat mengkaji ilmu terapan di lapangan dengan
sekolah.Adapun isi laporan yang harus disusun para siswa adalah hasil kegiatan
selama PRAKERIN. Tujuan dari pembuatan laporan tersebut antara lain
adalah
- Sebagai bukti telah melaksanakan Prakerin.
- Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti
ujian karya tulis.
- Untuk memenuhi salah satu syarat dalam
menempuh ujian akhir prakerin tahun pelajaran 2015/2016
- Untuk memenuhi tugas yang diberikan
pembimbing produktif
- Untuk melatih kemampuan siswa dalam
menulis laporan secara ilmiah.
- Sebagai laporan dari hasil Praktek Kerja
Instansi ( Prakerin ) yang telah dilaksanakan secara tertulis.
- Memantapkan dan mengembangkan pelajaran
yang diperoleh disekolah dengan penerapan didunia kerja
- Sebagai bukti tertulis bahwa siswa telah
melaksanakan pakerin.
- Sebagai pedoman untuk pembuatan karya
tulis selanjutnya.
- Agar siswa mampu memahami, menetapkan dan
mengembangkan pelajaran yang di hapus dari sekolah dan menerapkan nya di
dunia usaha kerja.
- Agar para siswa mampu mempelajari,
memahami, memantapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah
diperolehnya dari sekolah dandapat menerapkannya langsung di lapangan
kerja.
- Agar siswa mampu mengembangkan dasar-dasar teori yang
didapatkan dari sekolah yang berhubungan dengan hasil prakerin.
- Agar siswa dapat menuangkan pikiran ke
dalam tulisan yang dapat diuji keilmiahannya.
- Agar siswa mampu mencari alternatif pencerahan masalah
kejuruan sesuai dengan program studi yang dipilih
dari pelaporan.
- Memberikan alternatif pemecahan masalah
kejuruan dengan lebih luas dan mendalam
- Untuk menyimpulkan peningkatan wawasan dan
pengetahuan siswa angkatan berikutnya
- Untuk menerapkan gambaran yang seharusnya
dalam melaksanakan praktek kerja industri sampai dimana pengetahuan atau
kemampuan dalam mengikuti praktek kerja
- Untuk menyimpulkan data, guna kepentingan pribadi
siswa
- Untuk memantapakan siswa dalam
pengembangan atau penerapan pelajaran sekolah dari hasil prakerin.
- Untuk melatih dan mengingatkan
keterampilan siswa dalam membuat karya tulis.
- Mengumpulkan data, guna kepentingan
sekolah dan khususnya penulis sendiri dan juga untuk menunjang peningkatan
pengetahuan siswa tingkat selanjutnya.
1.6.
Metode Pengumpulan Data Laporan
Untuk
menyempurnakan data-data yang dibutuhkan dalam menyusunan laporan ini, maka
kami melakukan metode pengumpulan data melalui beberapa cara yaitu :
a. Secara Langsung atau Metode
Observasi
Yang
dimaksud dengan pengumpulkan data secara langsung adalah saya mengumpulkan data
dengan crara observasi secara langung di instansi dengan menggunakan teknik
wawancara kepada staf atau karyawan yang berwenang atau mengenai informasi yang
saya butuhkan.
b.
Secara Tidak Langsung atau Metode Kepustakaan
Yang
dimaksud dengan metode pengumpulan data tidak langsung adalah saya selaku
penulis berpedoman pada buku-buku atau referensi yang berkaitan dan berhubungan
dengan materi yang diangkat atau isi laporan saya
c.
secara terperinci atau gabungan observasi dan kepustakaan
Yang
di maksud dengan metoda pengumpulan data dengan cara terperinci adalah
saya sebagai penulis melakukan kedua cara di atas untuk menemukan hipotesis
dasn akhirnya saya tuangkan dalam bentuk tulisan di dalam laporan ini, meskipun
hanya garis besarnya saja.
1.7
Sistematika penulisan laporan
Kata pengantar
Lembar
Pengesahan
Daftar isi
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
1.2 Pengertian Prakerin
1.3 Waktu dan tempat
1.4 Tujuan Prakerin
1.5 Tujuan Penulisan laporan
1.6 Metode pengumpulan Data laporan
1.7 Sistematika penulisan laporan
BAB II PEMBAHASAN TINJAUAN UMUM
2.1 Sejarah PUSLATMAS & PGL
2.2 Tujuan PUSLATMAS & PGL
2.3 Visi dan Misi
2.4 Sasaran Strategis PUSLATMAS & PGL
BAB III PEMBAHASAN TINJAUAN KHUSUS
3.1 Kegiatan Prakerin
3.2 Persiapan kerja
3.3 Proses Kerja
3.4 Tata tertib
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran
LAMPIRAN
BAB II
PEMBAHASAN TINJAUAN UMUM
2.1. Sejarah PUSLATMAS & PGL
Unit
Kerja Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan
(Puslatmas & PGL) sebelum adanya penggabungan Kementerian
Kehutanan digabungkan dengan Kementerian Lingkungan Hidup adalah Unit Kerja Pusat Pendidikan dan Pelatihan
(Pusdiklat) Kementerian Lingkungan Hidup. Sejarah Pusdiklat KLH pada tahun 1993
merupakan salah satu bidang pelatihan dibawah unit eselon II ( Pusarpedal).
Dengan tugas mendidik dan melatih peserta yang berasal dari tenaga
teknis Laboratorium dari instansi Balai Teknik Kesehatan Lingkungan
, Balai Pengembangan Pengujian Industri dan Lab. Pengujian Kualitas
Air Pekerjaan Umum. Pusdiklat dalam perjalannanya sudah beberapa kali
mengalami perubahan antara lain :
- Pada tahun 2000 ditetapkan menjadi Pusat Pendidikan dan
Pelatihan Kementerian Negara Lingkungan Hidup yang dipimpin oleh
Kapusdiklat dan berkedudukan di Kawasan Puspiptek Serpong,
Tangerang, berada dibawah Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia.
- Pada tahun 2002 karena ada perubahan struktur
Kementerian lingkungan Hidup, Pusdiklat berganti nama menjadi Asisten
Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia dibawah Deputi Pembinaan Sarana
Teknis dan Peningkatan Kapasitas
- Pada tahun 2005 dengan adanya struktur baru Kementerian
Negara Lingkungan Hidup maka Asdep Pengembangan SDM berganti nama menjadi
Pusdiklat sampai dengan sekarang ( tahun 2012 )
Adapun
yang pernah menjabat sebagai Kepala Pusdiklat adalah :
No
|
Nama
|
Tahun Menjabat
|
1
|
Dra. Wiwiek Wikoyah
|
2000 s/d 2002
|
2
|
Dra. Rismawarni Marshal
|
2002 s/d 2005
|
3
|
Drs. M. Zoel Fachry
|
2005 s/d 2008
|
4
|
Inar Ichsana Ishak, SH, LLM
|
2008 s/d 2011
|
5
|
Drs. Hendra Setiawan
|
2011 s/d 2013
|
6
|
Drs. Heru Waluyo
|
2013 s/d 2014
|
7
|
Cicilia Sulastri, SH, M.Si
|
2014
|
Pada masa Pemerintahan
Presiden Jokowi ( Tahun 2014) Kementerian Kehutanan digabungkan dengan
Kementerian Lingkungan Hidup menjadi Kementerian Lingkungan Hidup dan
Kehutanan. Berikut nama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebelum di
gabung:
1.
Lingkungan hidup
-
Kementerian Negara Pengawasan Pembangunan
dan Lingkungan Hidup (Kemeneg PPLH, 1978-1983)
-
Kementerian Negara Kependudukan dan
Lingkungan Hidup(Kemeneg KLH, 1983-1993)
-
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
(Kemeneg LH, 1993-2005)
-
Kementerian Lingkungan Hidup (Kemen LH,
2005-2014)
2.
Kehutanan
-
Direktorat Jenderal Kehutanan,
Departemen Pertanian (sampai dengan tahun 1983)
-
Departemen Kehutanan (1983-1998)
-
Departemen Kehutanan dan Perkebunan
(1998)
-
Departemen Kehutanan (1998-2005)
-
Kementerian Kehutanan (2005-2014)
PUSLATMAS & PGL sesuai dengan
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan
Kehutanan NOMOR P.18/MENLHK-II/2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja
Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan, merupakan salah satu Unit Kerja Eselon
II di BP2SDM pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. PUSLATMAS &
PGL mempunyai tugas melaksanakan tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan
dan pelaksanaan kebijakan, bimbingan teknis dan evaluasi pemberian bimbingan
teknis pelatihan masyarakat dan pengembangan generasi lingkungan.
2.2.
Tujuan Puslatmas dan PGL
Melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang menunjang
upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia pada jajaran Kementerian
Lingkungan Hidup, jajaran Pemerintah Daerah, serta pada kalangan para pemangku
kepentingan lainnya,dalam rangka peningkatan kinerja perlindungan dan
pengelolaan lingkungan hidup sebagaimana diamanatkan oleh peraturan
perundang-undangan.
2.4 Visi dan Misi PUSLATMAS & PGL
Visi :
“ Terwujudnya
Kementerian Lingkungan Hidup yang adal dan proaktif, serta berperan dalam
pelaksanaan pembangunan berkelanjutan, dengan menekankan pada ekonomi hijau”
Misi :
Melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Bidang
Lingkungan Hidup dalam rangka mengembangkan kapasitas sumber daya manusia pada
jajaran Kementerian Lingkungan Hidup, dan jajaran Pemerinta Daerah, serta
kalangan para pemangku kepentingan lainnya, dalam upaya perlindungan dan
pengelolaan lingkungan hidup sebagaimana diamanatkan oleh peraturan
perundang-undangan.
2.4 Sasaran Strategis PUSLATMAS & PGL
1)
Terbentuknya paket-paket diklat yang
menunjang upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia pada jajaran
kementerian Lingkungan Hidup. Jajaran Pemerintah Daerah, serta pada kalangan
para pemangku kepentingan lainnya dalam rangka peningkatan kinerja perlindungan
dan pengelolaan lingkungan hidup sebagaimana oleh peraturan
perundangan-undangan;
2)
Terselenggarakannya paket-paket diklat yang
telah dibakukan oleh Pusdiklat KLH, baik melalui swa-selenggara maupun melalui
mekanisme lainnya yang kendali mutunya oleh Pusdiklat KLH;
3)
Terwujudnya sistem pendidikan dan
pelatihan berbasis kompetensi, serta tata kediklatan yang baik dan sistem
kendali mutunya pada Pusdiklat KLH.
BAB III
PEMBAHASAN TINJAUAN KHUSUS
3.1 Kegiatan
Prakerin
Prakerin
SMK WASKITO PAMULANG dilaksanakan pada tanggal 21 Desember 2015 - 20 Februari 2016. Prakerin
ini bertujuan memperkenalkan dunia kerja kepada siswa/siwi didik SMK, yang
nantinya akan terjun kedalam bidang perusahaan sesuai dnegan keahlian yang dikuasai
oleh siswa/siswi Smk.
3.2
Persiapan
Kerja
Puslatmas &PGL mempunyai Jam kerja yang efektif dan sama
seperti perusahaan lain pada umumnya. Jam Kerja karyawan di Puslatmas &
PGL ini berlaku dari hari Senin sampai dengan
Jumat dan dimulai pada hari senin - kamis mulai pukul 07.30 - 16.00, pada hari
Jumat Mulai Pukul 07.30 - 16.30 Untuk lebih jelasnya mengenai perincian dalam
jam kerja dapat dilihat rincian dari tabel berikut ini :
Rincian Waktu
Kerja Jam Pegawai
PUSLATMAS & PGL
HARI
|
JAM
|
KETERANGAN
|
Senin – Kamis
|
07.30 – 12.00
|
Jam Kerja
|
12.00 – 13.00
|
Jam Istirahat
|
|
13.00 – 16.00
|
Jam Kerja
|
|
Jumat
|
07.30 - 11.30
|
Jam Kerja
|
11.30 - 12.30
|
Jam Istirahat
|
|
12.30 - 16.30
|
Jam Kerja
|
3.3 Proses Kerja
Setiap
hari kami datang sesuai dengan jam kerja, kami datang 15 menit sebelum jam
kerja. Setelah itu kami keruangan kami masing-masing ada yang di ruang Kepala
Puslatmas & PGL, Ruang Penyelenggaraan Program dan Administrasi Umum, Ruang
Kejasama Dikat, Ruang Widyaiswara..
Disana
kami diberikan tugas seperti mengarsip surat, menerima surat masuk, mengirim
fax,menerima fax, mengisi buku agenda
surat keluar, surat masuk, nota dinas keluar, nota dinas masuk, fotocopy, input
data, mengisi lembar disposisi, membuat kwitansi,merekap realisasi, membuat
format buku persediaan barang, menghancurkan kertas, input data kas umum, Menangani kegiatan
Surat menyurat, yaitu :
1. Mengagendakan Surat
Masuk dan Surat Keluar, Surat masuk maupun surat keluar perlu diagenda supaya
ada bukti penerimaan surat maupun pengiriman surat.
2. Menulis Lembar
Disposisi
Setelah surat masuk
diagenda, kemudian dilengkapi dengan lembar disposisi untuk diserahkan kepada
kepala Puslatmas & PGL,
3. Mengekspidisi Surat
Sebelum surat masuk
beserta lembar disposisi dikirimkan ke unit masing masing bagian yang dituju,
surat tersebut perlu diekspidisi (dicatat nomer surat, tanggal surat, asal
surat, tanggal terima, Perihal, ditujukan ke siapa, isi disposisi, tanggal
disposisi, tanggal paraf terima disposisi).
4.
Mengantar surat ke bagian yang dituju sekaligus meminta paraf
sebagai tanda terima di buku agenda.
5.
Mengodner surat.
Dari
semua pekerjaan itu kami harus emegang teguh rahasia perusahan.Dalam
penanganan masalah yang penulis hadapi tidak lain yaitu meminta petunjuk kepada
pembimbing, bagaimana supaya masalah yang ada dapat diselesaikan dengan benar.
Selain itu penulis juga harus mempunyai kepercayaan diri atas solusi yang telah
penulis dapatkan dari pembimbing dan instruktur.
3.4 Tata Tertib
Tata
tertib peserta program praktik kerja industri ( prakerin ) yaitu :
Kewajiban
1. Memtuhi
peraturan dan tata tertib yang berlaku di perusahaan
2. Memegang
teguh rahasia sekolah dan perusahan
3. Hadir
ditempat sistem ganda sekurang-kurannya 15 menit sebelum jam kerja dimulai
4. Bersikap
sopan, santun, serta jujur, bertanggung jawab, disiplin, terampil,
berinisiatif, dan kreatif, dalam melaksanakan program
5. Berpakaian
seragm sekolah lengkap (kecuali perusahaan mencantumkan lain), selau bersih,
rapi dan berkepribadian nasional,serta tidka bermake-up atau memeakai perhiasan
yang berlebihan (tidak wajar)
6. Memberitahukan
pada waktu datang dan mohon diri pada saat akan pulang setelah selesai
melaksanakan tugas.
7. Memberitahukan
pemimpin atau instruktur, jika tidak melaksanakan tugas atau bermaksud
meninggalkan tempat tugas.
8. Segera
musyawarahkan dengan guru pembimbing, ketua kelompok atau instruktur perusahan
jika menemui kesulitan.
9. Mentaati
peraturan/tata tertib dalam menggunakan peralatan dan bahan yang ada
diperusahaan atau tempat praktek.
10. Membersihkan
dan mengatur kembali peralatan setelah digunakan secara rapi, bersih dan
tertib.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Kegiatan
Praktek Kerja Industri merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi
siswa dan siswi, dan dapat mengenal lebih jauh bagaimana cara bekerja
dilapangan sesuai keahlian masing-masing siswa. Sehingga siswa dapat melihat
gambaran mengenai kagiatan bidang usaha dimasa yang akan datang, serta
siswa-siswi mengetahui standar kompetensi yang akan dijadikan peluang kerja dan
kesempatan kerja. Dalam dunia usaha dibutuhkan kedisiplinan yang cukup baik,
instansi-instansi biasanya memerlukan karyawan yang disiplin, terampil, rajin
dan cerdas.
Pada
praktek kerja Industri ini diperlukan keahlian yang cukup. Selama
penulis melaksanakan Prakerin (Praktek Kerja Industri) di PUSLATMAS &PGL ,
penulis merasa bangga bisa mendapatkan Ilmu yang belum pernah penulis dapatkan
sebelumnya serta memperoleh banyak pengalaman.
Tujuan
lain Prakerin (Praktek Kerja Industri) adalah menambah wawasan yang
luas bagi siswa dan siswi, terutama dalam bidang yang di tempatinya. Praktek
Kerja Industri telah terlaksana dengan baik, dengan program keahlian
masing-masing tanpa halangan apapun dan penulis mengucapkan banyak terima kasih
kepada PUSLATMAS &PGL yang telah
bersedia menerima penulis apa adanya untuk melaksanakan Prakerin (Praktek
Kerja Industri) dan bersedia mendampingi penulis selama Prakerin berlangsung.
4.2 Saran
Semoga hubungan antar pegawai tetap
terjaga dan saling bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama, semoga para
siwa dan siswi mendapatkan banyak pelajaran dan memiliki motivasi untuk tujuan
dimasa depannya dan para guru pembimbing dapat memberikan arahan juga perhatian
untuk para siswa dan siswi prakerin.
hanya sebagai contoh aja ya guys :)
Bloknya bagus lanjutin ya blocknya jgn sampai brhenti memberikan informasi" ke kita-kita
BalasHapusterimakasih
BalasHapus